Apa itu Plate Corten Steel ?

COR-TEN” (Corrosion Resistance-Tensile Strength), Cor-Ten®, sering ditulis “Corten” saja, tanpa tanda hubung “Cor-Ten“, adalah sebuah nama merk dagang yang didaftarkan/dipatenkan oleh US Steel Corp/ United State Steel Corporation/ USS“.

Nama COR-TEN mengacu pada dua sifat yang menjadi karakteristik jenis baja ini yakni Ketahanan terhadap korosi (COR = Corrosion Resistance) dan kekuatan tarik (TEN = Tensile Strength ).

Corten Steel, selain merupakan baja yang tahan korosi pada kondisi atmosfer udara biasa / tahan cuaca, ia juga material baja yang memiliki kekuatan tarik/ sifat mekanik yang baik. Bahkan Corten Steel diklaim memberikan 30% peningkatan sifat mekanik dan lebih tahan cuaca 4 – 8 kali lebih baik daripada baja karbon konvensional.Baja Corten menjadi lebih populer selama bertahun-tahun setelah beberapa pabrikan lain mengembangkan dan  memproduksi baja tahan atmosfer cuaca sendiri.

Cor-Ten® adalah benar-benar sebuah nama merek untuk produk-produk tahan korosi yang dikembangkan oleh US Steel Corporation yang kemudian dilisensikan dan diproduksi oleh produsen baja lainnya, seperti Nippon Steel di Jepang.

Organisasi standar internasional – ASTM (American Standar Testing and Material) membuat perbandingan persamaan/ ekivalen untuk baja yang setara dengan spesifikasi Corten Steel.

Jenis Plate Corten Steel

Pada dasarnya ada dua jenis Corten yang paling umum, yakni Corten A dan Corten-B. Corten original ekivalen dengan standar ASTM A242 (CORTEN-A), sedangkan grade baru ditunjukkan dengan ASTM A588 Grade A (CORTEN-B) dan A606 untuk lembaran tipis.

Spesifikasi ASTM setara yang berlaku yakni ASTM A588, A242, A606-4, A847 dan A709-50W.

Komposisi Kimia Unsur (Chemical Compositions) Plate Corten Steel.

Perbedaan Komposisi kimia Plate Corten A dan B :


Grade
C
Si
Mn
P
S
Al
V
Cu
Cr
Ni
Corten A
0.12
0.25-
0.75
0.20-
0.50
0.07-
0.15
0.030
0.015-
0.06
0.25-
0.55
0.50-
1.25
0.65
Corten B
0.19
0.30-
0.65
0.80-
1.25
0.035
0.030
0.020-
0.06
0.02-
0.10
0.25-
0.40
0.40-
0.65
0.40
sumber : http://www.corten-a-b.com
Perbedaan Sifat mekanik antara Corten A and Corten B :
Grade

Thick.(mm)

Strip Products

Plate 
Products
Yield 
Strength
Rel N/mm²
Minimum
Tensile 
Strength
Rm N/mm²
Minimum
Elongation
A50 %
Minimum
Corten A
2 – 12
6 – 12
345
485
20
Corten B
2 – 13
6 – 40
345
485
19
sumber : http://www.corten-a-b.com


Corten A
cocok digunakan untuk aplikasi estetika dan tidak direkomendasikan untuk aplikasi bantalan beban yang berat. Corten-B adalah baja tahan cuaca yang lebih cocok untuk aplikasi struktur bantalan beban yang berat.

Corten B, banyak digunakan sebagai : kontainer, cerobong asap, konstruksi kereta api dan baja outdoor lainnya.

Karakteristik  Plate Corten Steel

Komposisi kimia (chemical composition) Baja Corten mengandung kadar karbon (C) kurang dari 0.2% berat, dan penambahan unsur paduan Cu, Cr, Ni, P, Si dan Mn dengan total tidak lebih dari 3-5% berat.
Baja ini tergolongan Baja tahan korosi di atmosfer udara biasa/ baja tahan cuaca. Corten steel dikenal dengan nama lain Weathering steel atau baja yang sengaja dibiarkan berkarat oleh pengaruh cuaca untuk membentuk lapisan pelindung yang memperlambat korosi lanjut akibat cuaca.Jadi, proses dikaratkan oleh cuaca ini adalah pembiaran guna baja corten mendapatkan lapisan pelindung luarnya. Proses weathering ini membuat daya tahan baja corten memiliki peningkatan ketahanan terhadap korosi secara signifikan dibanding baja non paduan / baja karbon biasa seperti baja A36 dan A572-50.
Baja Corten memiliki tekstur tampilan berkarat seperti telah bertahun-tahun terekspos cuaca. Proses weathering tersebut merujuk pada komposisi kimia unsur paduan baja ini yang diformulasikan khusus untuk awal pembentukan lapisan karat/oksida besi yang akan memberikan lapisan pelindung dari cuaca.
Nah, efek karat pada baja corten justru menjadi lapisan pelindung dari karat berikutnya, sehingga dengan lapisan oxide pelindung ini, bisa mengurangi kebutuhan pengecatan sebagai lapisan pelindung dari karat. Tampilan karat yang ditimbulkannya pun tampak menjadi bangunan yang artistis.

Baja corten mengandung elemen-elemen kimia yang berproses untuk saling menyatu dan menghasilkan lapisan luar seperti karat guna memperlambat proses korosi pada bagian dalam baja.

Warna Karat Plate Corten Steel yang Menarik.

Seperti di publis Nippon Steel dan Sumitomo Metals (http://www.nssmc.com/), perubahan warna karat yang terjadi pada plate corten steel siring dengan lamanya di ekspos di udara ditunjukkan seperti gambar di bawah ini :

karakteristik plate corten steel

 

Aplikasi Plate Baja Corten

Pada penggunaannya baja corten ini paling banyak diaplikasikan pada bagian eksterior bangunan gedung, arsitektur, jembatan, gerbong kereta, kontainer, concrete mixer car, transmisi menara, tiang-tiang jalan tol, galangan kapal, dan konstruksi lainnya.

corten steel for container application
container (image credit : https://www.nssmc.com)

Baja Corten steel ini pada mulanya diperkenalkan oleh seorang arsitek di Moline, Illinois pada konstruksi gedung John Deere World Headquarters. Arsitek tersebut adalah Eero Saarinen. Gedung tersebut selesai dibuat pada tahun 1964.

aplikasi corten steel
John Deere World Headquarters in Moline, Illinois, United States https://www.deere.ca/

 

aplikasi baja corten steel
John Deere World Headquarters in Moline, Illinois, United States
https://www.deere.com/

 

US Steel Tower  (Sumber: en.wikipedia.org)
U.S. Steel Tower di Pittsburgh, Pennsylvania ini, dibangun oleh US Steel untuk menampilkan baja COR-TEN.
jembatan dari pelat corten steel
Abetxuko Bridge by J. Sobrino, PEDELTA, Abetxuko, Vitoria, Spain (Sumber: en.wikipedia.org)
Salah satu patung terkenal yang menggunakan baja corten adalah patung Chicago Picasso yang berada di bagian depan luar Dalet Center Cour (https://en.wikipedia.org/wiki/Chicago_Picasso)
patung chicago picasso dari pelat corten steel
Patung Chicago Picasso

Bagi Anda yang menyukai seni dan dekorasi, corten steel juga banyak dipakai sebagai lapisan dinding, lantai, konstruksi yang bernilai artistik dan dekoratif.

bangunan dari corten steel
https://www.nssmc.com

Keunggulan Baja Corten Steel

  • Menghemat biaya finishing. Corten steel tidak menggunakan lapisan pelindung atau cat yang biasanya membutuhkan biaya tambahan
  • Perawatannya mudah. Corten steel sangat ideal digunakan pada jembatan atau struktur lainnya dengan akses yang sulit dan berbahaya, di mana gangguan masa depan perlu diminimalisasi. Pengecekan dan pembersihan adalah satu-satunya perawatan yang diperlukan.
  • Menghemat biaya perawatan. Kebutuhan perawatan dari corten steel yang sangat minimal juga berpengaruh untuk mengurangi biaya pemeliharaan operasional
  • Mempercepat waktu konstruksi
  • Tampilannya menarik
  • Ramah lingkungan
Kekurangan Plate Corten Steel
  • Corten steel sangat sensitif terhadap iklim subtropis yang lembab.
  • Jika terjadi penumpukan air, area-area yang terkena air tersebut akan mengalami laju korosi yang lebih tinggi
  • Lapisan karat yang terjadi pada permukaan corten steel dapat menimbulkan noda karat pada permukaan bidang lainnya yang dekat dengan corten steel tersebut
Catatan : 
Pengecatan dan pemeliharaan struktur yang menggunakan Plate Corten Steel akan diperlukan jika struktur tersebut terus-menerus basah sehingga tidak akan membentuk lapisan pelindung. Contohnya : di dasar struktur yang bersinggungan dengan tanah atau sebagian tenggelam.
Dari berbagai sumber
https://propu.sh/pfe/current/tag.min.js?z=2781508